Recent Posts

Pengertian, Penyebab dan Contoh dari Kelainan A Pasha

Hi sahabat Arbor kali ini Arbor akan menulis tentang apa itu A PASHA, apa penyebabnya, dan bagaimana contoh dari kelainan A Pasha. 

A. Pengertian 
     A Pasha secara etimologi berasal dari dua kata “A” yang berarti “without atau tanpa” dan “Pasha” yang berarti “ speech atau bicara”. Sedangkan menurut terminology-nya, A Pasha berarti inability to comprehend and formulate language because of the damage of the brain parts that manage language (ketidak-mampuan untuk memahami and merumuskan bahasa karena diakibatkan oleh kerusakan pada bagian otak yang mengatur/mengelola bahasa). Singkatnya, sebenarnya yang ingin dia katakan, dan yang ada dalam pikirannya  itu simple atau sederhana tapi kemudian yang dia katakan bertele-tele. Lanjut baca teman-teman bair kalian lebih paham maksud saya.

B. Penyebab
Penyebab dari A Pasha ialah progressive neurologis disorder, tumor, dan stroke.

C. Contoh
Contoh bahasa yang dituturkan oleh penderita A Pasha sebagai berikut;
a. Kalimat yang ingin dia katakan
   Anjing kita ingin keluar jadi saya akan membawanya untuk jalan-jalan.
b. Kalimat yang ia ucapkan atau ia tuturkan
    Anjing kita berlarian kesana kemari dalam rumah,sepertinya dia ingin keluar berjala-jalan. Jadi, saya akan membawanya berjalan-jalan, saya akan menjaganya seperti yang kamu ingin saya lakukan.

Nah bisa di lihat kan teman-teman. Dia kesulitan mengungkapkan apa yang dia maksudkan. Yang ingin dia sampaikan cukup simple tapi kemudian yang dia ucapkan menjadi berputar-putar dan panjang lebar.

D. Kesimpulan
    A Pasha bermasalah dalam merespon atau mengeluarkan apa yang ingin dikatakannya. Akan tetapi, penderita A Pasha paham dan mengerti apa yang sebenarnya ingin ia katakan atau dengan kata lain pemahaman dan kecerdasan mereka masih berjalan, mereka hanya kesulitan dalam berbicara.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa A Pasha ialah salah satu kelainan yang mempengaruhi produksi bahasa yang diakibatkan oleh kerusakan pada otak. Bisa dikatakan bahwa penderita A Pasha kesulitan dalam mengungkapkan maksudnya, apa yang mereka katakan terkadang panjang lebar padahal maksud mereka simple/sederhana.
  Penjelasan mengenai A Pasha ini saya dapatkan di bangku kuliah pada pembelajaran Psycholinguistics yang di bawakan oleh salah satu dosen inspiratif menurut saya thanks to Mr. Awaluddin Syamsu S.PdI., MA.,TESOL. Jangan lupa baca artikel psycholinguistics lainnya di Arbor Azure.
Pengertian, Penyebab dan Contoh dari Kelainan A Pasha Pengertian, Penyebab dan Contoh dari Kelainan A Pasha Reviewed by Arbor Azure on October 06, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.