Recent Posts

Struktur Sosial Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Klasifikasi

Struktur sosial istilah struktur berasal dari kata structum (bahasa Latin) yang berarti menyusun. Dengan demikian, struktur sosial memiliki arti susunan masyarakat.  Secara definitif, struktur sosial diartikan sebagai suatu skema penempatan nilai-nilai sosial budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai agar organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan dapat berfungsi dan kepentingan setiap bagian dapat berjalan dalam jangka waktu yang relatif lama. Sementara itu, menurut Beattie, struktur sosial adalah bagian-bagian atau unsur-unsur dalam masyarakat itu yang tersusun secara teratur guna membentuk suatu kesatuan yang sistematik1.

 

Dalam struktur sosial, terdapat dua konsep penting yaitu status dan peran. Status diartikan sebagai seperangkat hak dan kewajiban individu atau kelompok yang mengakibatkan ia memiliki kedudukan. Status dalam penerapannya dalam sosial dibagi lagi menjadi dua yaitu status yang diraih dan status yang diperolah. Seperti yang mungkin kamu telah ketahui bahwa status yang diraih ialah jenis status yang diperoleh karena usaha dan kualitas diri seseorang seperti misalnya status seseorang sebagai guru diperoleh melalui jenjang pendidikan tertentu dan kualitas dirinya yang mumpuni untuk menjadi seorang guru. Sedangkan status yang diperoleh pada umumnya status yang dimiliki bahkan sebelum individu tersebut lahir seperti bangsawan. Konsep kedua setelah status ialah peran. Peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan berjalan sesuai dengan status seseorang. Misalnya status sebagai guru diharapkan memiliki peran positif di masyarakat2

 

Menurut Mayor Polak dikutip dari Sosmalik ada 3 fungsi struktur sosial :

1. Sebagai pengawas sosial, yakni penekanan terhadap kemungkinan terjadi pelanggaran atas norma dan nilai dan peraturan kelompok atau masyarakat

2. Sabagai dasar untuk menanamkan disiplin social kelompok atau masyarakat

3. Struktus social merupakan karakteristik yang khas dimiliki oleh masyarakat3

 

Tahukah kamu bahwa di saat konflik terjadi antara perorangan, mula-mula hanya bersifat personal. Namun, karena struktur sosial berlaku di masyarakat, konflik ini bisa meluas menjadi antarkelompok sosial.

 

Dikutip dari Waluya, struktur sosial dalam fenomena kehidupan manusia dapat diklasifikasikan atas lima jenis sebagai berikut.

a. Struktur kaku dan luwes, atau struktur kaku bersifat tidak mungkin diubah atau sulit untuk diubah. Struktur luwes adalah struktur yang pola susunannya memungkinkan untuk diubah.

b. Struktur formal dan informal. Struktur formal atau resmi adalahstruktur yang diakui pihak berwenang berdasarkan hukum yang berlaku. Adapun struktur informal atau tidak resmi adalah struktur yang nyata atau benar-benar ada serta berfungsi bagi masyarakat, tetapi tidak diakui oleh pihak berwenang dan tidak berketetapan hukum.

c. Struktur homogen dan heterogen. Struktur homogen adalah suatu struktur sosial yang unsur-unsurnya mempunyai pengaruh yang sama terhadap dunia luar. Struktur heterogen adalah suatu struktur yang unsur-unsurnya mempunyai kedudukan yang berbeda-beda dan kesempatan setiap unsur pun berbeda pula, baik terhadap kelompok sendiri maupun terhadap kelompok lain.

d. Struktur mekanis dan statistik. Struktur mekanis adalah suatu struktur yang menuntut persamaan posisi dari anggotanya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Struktur statistic adalah struktur yang dapat berfungsi dengan baik apabila persyaratan jumlah anggotanya terpenuhi.

e. Struktur atas dan bawah. Struktur atas atau suprastruktur umumnya diduduki oleh golongan orang yang memegang kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya. Struktur bawah atau infrastruktur adalah tempat bagi golongan masyarakat bawah atau mereka yang taraf kehidupannya relatif rendah1.

 

Mengacu pada pengertian dan jenis struktur sosial, secara umum masyarakat dapat dikelompokkan secara horizontal atau yang biasa dikenal dengan diferensiasi sosial dan secara vertikal atau stratifikasi sosial.

 

BACA JUGA: Diferensiasi Sosial

BACA JUGA: Stratifikasi Sosial

 

 

Referensi:

1Waluya, Bagja.2009. Sosiologi 2: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI SMA/MA Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan.

2Ruang guru. https://blog.ruangguru.com/apa-itu-struktur-sosial-diferensiasi-sosial-dan-stratifikasi-sosial

3Sosmalik Blog. https://sosmalik.wordpress.com/2012/05/11/struktur-sosial/


Struktur Sosial Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Klasifikasi Struktur Sosial Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Klasifikasi Reviewed by Arbor Azure on August 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.